Sabtu, 06 Juni 2009

Cara mengkonvert file doc, xls, ppt ke format pdf

Portable Document Format atau yang lebih kita kenal dengan nama pdf adalah suatu format document buatan dari Adobe System Inc, yang kelebihanya adalah memberi kebebasa pada penggunanya untuk membuka tanpa harus tergantung pada aplikasi original pembuat document tersebut, hardware maupun system operasi terutama untuk membuat dan membuka document tersebut...


Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengkonvert text atau file ke foemat pdf, dan telah tersebar luas di internet software yang bisa didownload secara gratis baik itu full version maupun versi trial yang di install ke PC Anda.
Misalnya doc2pdf merupakan software untuk mengkonvert file doc menjadi format pdf, xls2pdf yaitu progam untuk menconvert format xls atau excel menjadi format pdf, dan atau pdf converter dan bahkan sebaliknya menconvert format pdf2doc.
Yang tentunya jika Anda manfaatkan program tersebut akan semakin banyak program –program yang terinstall di PC Anda, dan ada kemungkinan bisa memperlambat kinerja windows.
Pada blog ini saya akan sedikit berbagi bagaimana cara menconvert text atau file ke dalam format pdf dan sebaliknya, hanya dengan menggunakan satu program yaitu Adobe Acrobat 7.0 professional. Berikut cara penggunaanya. Asumsikan PC Anda sudah terinstall Adobe Acrobat 7.0 professional dan telah selesai menggarap file-file yang akan di convert ke pdf, baik file doc, xls, ppt, cdr, psd.
1.buka file yang akan di convert, pilih print (ctrl+P) ganti printer name dengan Adobe pdf.
2.lakukan hal yang sama selayaknya Anda mencetak “print out”document, dengan mengatur properties lalu klik
3.beri nama file “file name” atur posisi penyimpanan lalu klik OK
4.proses sedang berlangsung dan secara otomatis akan terbuka. Cara lainya yaitu pilih file yang akan di convert lalu klik kanan pada mouse kemudian pilih conver to adobe pdf, proses berjalan sama.
Sedangkan untuk menconvert pdf ke doc, caranya hamper sama tapi sedikit berbeda.
1.Buka file pdf
2.Pilih menu file  save as (ctrl=S) ganti save as type dengan doc
3.Buka drive atau tempat untuk menyimpan file doc tadi, karena ini tidak otomatis terbuka.
Selamat mencoba………..
sumber(majalh komputek_minggu ke-5 maret 2009_edisi 616)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money