Senin, 01 Juni 2009

Pentingnya BACKCUP Data

Apa yang terjadi saat kita kehilangan data penting yang tersimpan dalam computer, yang pasti akan dirasakan adalah bingung, gelisah, pasrah, stress, marah campur aduk. Tapi ironisnya kesalahan tersebut sebagian besar disebabkan karena keteledoran dari user itu sendiri....


User yang sudah akrab dengan computer, pasti telah berfikir bahwa beberapa data yang disimpan pada computer cukup penting. Maka backup data secara berkala sangat penting, tapi sebagian besar itu tidak pernah dijalankan, karena beranggapan bahwa data dalam computer sudah aman.
Keamanan data memang cukup penting, apalagi denga kemajuan teknologi sedemikian pesat, dimana akses internet yang sudah cukup mudah hingga koneksi ke dunia luar pun sangat mungkin terjadi. Tapi dibalik peningkatan teknologi ini, bahaya yang mengancam cukup besar, salah satunya adalah virus.
Beragam varian dan teknik penyebaranya, virus selalu siap mengancam system yang ada dalam computer, hingga system lumpuh bahkan bisa jadi semua data yang tersimpan dalam hardisk computer pun bisa ikut hilang. Itu merupakan salah satu bentuk serangan secara software, yang kemungkinan besar data bisa dikembalikan, tapi bila yang rusak perangkat hardwarenya, maka semua data akan sulit dikembalikan.
Bisanya bila data terancam hilang, maka sebagian besar user akan berfikir untuk melakukan backup data, padahal backup data seharusnya telah diperkirakan sejak awal. Melakukan backup data adalah tindakan pencegahan dari kehilangan data itu sendiri. Tapi banyak user yang justru melakukan backup data ini pada hardisk yang terpasang pada computer.
Padahal backup data yang baik akalah melakukan penyimpanan di luar computer yang digunakan keseharian, kecuali ada spesifikasi space hardisk yang khusus untuk melakukan backup data tersebut. Sebenarnya banyak media yang bisa digunakan untuk melakukan penyalinan atau backup data. Ada yang sifatnya sementara, ada pula yang lebih permanent. Sebelum menentukan media untuk backup data, maka user harus jeli dalam memilih media tadi, dimana harus diperhatikan ketahanan atau keawetan dari media tersebut. Sebab backup ini tidak akan ada gunanya bila disimpan dalam media yang rentan oleh kerusakan fisik.
Beberapa media yang sesuai untuk digunakan sebagai media backup diantaranya.
• CD/DVD
CD dan DVD adalah media penyimpanan yang satu ini paling favorit untuk digunakan sebagai media backup. Selain praktis, harga CD dan DVD saat ini relative murah, apalagi kapasitas simpan untuk DVD mencapai 4GB, sudah cukup untuk menyimpan lebih dari 4000 file foto koleksi Anda, atau lebih dari 1000 koleksi lagu. Untuk data dokumen, baik dalam bentuk database, maka satu keeping DVD bisa menyimpan banyak sekali data-data dokumen Anda. Meski murah dan praktis, tapi keeping CD/DVD masih rentan dengan jamur, apalagi bila data akan disimpan dalam rentang waktu yang lama. Untuk menghindari hadirnya jamur ini, maka user harus jeli dan menyimpan kepng CD/DVD ini. Gunakan tempat khusus penyimpanan CD/DVD yang dilengkapi dengan silica gel untuk menghindari kelembaban yang bisa menimbulkan hadirnya jamur. Dengan begitu keeping CD/DVD akan tahan dalam kurun waktu yang panjang.

• USB FLASHDISK
USB flash disk adalah media simpan yang saat sudah sangat umum digunakan sebagai media backup. Harga flashdisk yang sudah terjangkau menjadi kelebihan media ini. Sayangnya media flashdik sekarang tidak media backup, tapi menjadi tetapi ke media untuk transfer data.
• Harddisk External
Harddisk external merupakan media penyimpanan yang mulai di sukai sebagai media backup, terutama bagi mereka pengguna yang membutuhkan media penyimpanan dengan kapasitas besar. Dengan harga yang makin terjangkau, kapasitas penyimpanan data pun kian hari kian meningkat sampai dengan ratusan GB. Perlu diingat bahwa harddisk external ini masih menggunakan piringan magnetic seperti halnya harddisk internal, jadi sebaiknya user memperlakukan internal hardisk ini lebih hati-hati. Dari beberapa media penyimpanan data di atas bisa dijadikan perangkat untuk backup data. Dengan melakukan backup data secara rutin, maka Anda telah meminimalisir kehilangan data-data penting.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money